Tips mencari Sumber Air dan Memilih Pompa Air Untuk Kehidupan Anda

Cara mencari Sumber mata air Sumur Bor atau Sumur Gali

Dapat di praktekkan dengan cara dseperti di bawah ini :


Ada 2 tehnik sederhana :

1. Menggunakan daun pisang Ambillah beberapa lembar daun pisang dan taruhlah pada beberapa titik yang akan di bor ataupun gali pada jam 10 malam.
Pagi harinya silahkan lihat embun yang menempel pada daun pisang tsb.
(PADA BAGIAN BAWAH DAUN)
Semakin banyak embun yang menempel semakin banyak debit air bawah tanah tsb.
Namun jika daunnya tetap kering berarti tidak ada sumber air di bawah daun tsb.

2. Menggunakan garam Pada jam 8 malam taruhlah dua genggam garam dan tutup rapat dengan kaleng pada tempat yang akan digali / di bor. Pagi harinya silahkan lihat garam tsb, jika habis atau tinggal sedikit berarti pada titik tsb ada sumber airnya.
Bila perlu taruhlah garam dan kaleng tsb pada beberapa titik sekaligus dan lihatlah pada titik mana yang garamnya paling sedikit.

cara Mencari Sumber Mata Air di atas semata-mata Sumber Air,tentang hasilnya dapat kita ketahui setelah melakukan pengeboran.



Tips Cara Membuat Sumur Air/Sumur Bor Pada Air Tanah

Untuk membuat sumur air yang baik perlu di perhatikan hal-hal berikut agar tidak terjadi masalah pencemaran lingkungan di sekitar kita :

A.pemilihan lokasi sumur yang baik

 tidak berdekatan wc/toilet/kamar mandi agar tidak terjadi kontaminasi dengan saluran pembuangan dengan Sumur Air Tanah jarak yang idel antara sumur dengan toilet 5m,jika tanah di lokasi tanah liat/ber pasir,paling tidak 7,6 meter.
B.kontruksi sumur Air yang setandart
1.membuat dinding tembok pada bagian atas sumur untuk sumur gali,dan dikasih penutup untuk Sumur Bor,supaya tidak terkontiminasi pada kotoran/tercemar air sumur bersih dengan kotoran.
3.gunakan kaporit sebagai disenfektan dengan takaran i gram per 100 liter air,untuk membunuh kumsn dan bakteri yang merugikan tubuh kita.

Untuk di masa sekarang ini metode ini bisa menggunakan alat yang namanya geolistrik atau survey resistifiti geolistrim, untuk keakuratan 80% di situ kita dapat mengetahui lapisan tenah jeni batuan dan di berapa meter terletak sumber air yang akan kita gunakan, akan tetapi tidak dapat mendetekti bagus tidaknya air tersebut, itulah sedikit tips mencari Sumber Air .

Tips Memilih Pompa Air


Banyaknya pompa air yang beredar dipasaran
seringkali membuat bingung untuk menentukan
pompa air yang akan digunakan. Untuk memilih
pompa air tidaklah mudah bagi sebagian orang
yang tidak mengetahui tehnik pompa.
Berikut tips Memilih pompa air, diharapkan bisa
membantu anda dalam memilih sesuai dengan kebutuhan.
dan semoga awet tidak banyak mengeluarkan badget untuk Service Pompa Air anda.

Perhatikan dengan seksama spesifikasi pompa air. Biasanya menempel pada body pompa. Sesuaikan dengan kebutuhan anda. Jangan tergiur harga murah, aspek harga bisa mempengaruhi kualitas. 

1.Tingkat kedalaman sumur menjadi pertimbangan utama dalam memilih pompa air. Kedalaman sumur menentukan type pompa air berikut daya hisap dan daya dorong yang diperlukan untuk mendapatkan hasil yang optimal. 
2.Daya listrik yang diperlukan pompa air. Sesuaikan dengan daya listrik dirumah anda. Bilamana ingin menggunakan pompa air dengan daya listrik yang cukup besar, sebaiknya tambah kapasitas listrik dirumah anda. 
3.kualitas material pompa air. kualitas material yang kurang baik akan mengurangi usia pompa yang digunakan. Layanan purna jual, sparepart atau garansi. Adanya jaminan garansi merupakan cermin bahwa si pembuat yakin bahwa produknya tahan lama, paling tidak sesuai dengan masa garansi. Selain itu garansi merupakan jaminan dari kualitas produk.

semoga tips ter sebut bermanfaat untuk anda.

Layanan kami lain klik disini